Sabtu, 13 April 2013

Komunikasi Menurut Everett M rogers

Pengertian Komunikasi Menurut Everett M rogers 
 
Menurut Everett M rogers, seorang pakar sosiologi Pedesaan Amerika membuat definisi “Komunikasi adalah suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi terhadap satu sama lain yang pada gilirannya akan tiba saling pengertian” (Rogers dan Kincaid dalam Cangara, 2004;19).
 
Dalam pengertian diatas berarti dapat kita tarik beberapa kesimpulan yakni bahwasannya komunikasi adalah proses, komunikasi dilakukan oleh dua orang atau lebih, komunikasi adalah pertukaran antara satu sama lain dan komunikasi berujung pada saling pengertian. Yang semuanya akan saya uraikan dalam sebuah pembahasan singkat di bawah ini.
 

1.      Komunikasi adalah Proses
 
Menurut Everett M rogers komunikasi merupakan suatu proses, proses berarti komunikasi membutuhkan waktu atau alur agar dapat berlangsung atau terjadi dari awal sampai akhir hingga komunikasi tersebut dapat berlangsung. Mengingat membutuhkan waktu berarti komunikasi bisa berlangsung dengan cepat dan juga bisa berlangsung dengan lama tergantung faktor-faktor yang mempengaruhi keberlangsungan komunikasi tersebut. Proses juga berarti bahwa komunikasi berlangsung sistematis dengan alur-alur yang menjadi bagian dari komunikasi.
 
 Proses juga menunjukkan bahwa komunikasi memiliki titik mulai dan titik henti. Menurut situs wikipedia Proses adalah urutan pelaksanaan atau kejadian yang terjadi secara alami atau didesain, mungkin menggunakan waktu, ruang, keahlian atau sumber daya lainnya, yang menghasilkan suatu hasil. Suatu proses mungkin dikenali oleh perubahan yang diciptakan terhadap sifat-sifat dari satu atau lebih objek di bawah pengaruhnya. Jadi komunikasi juga memiliki urutan pelaksanaan atau kejadian yang terjadi secara alami atau didesain, proses berarti juga komunikasi memberikan perubahan terhadap suatu hal, dari satu hal ke hal yang lainnya. Bisa berarti peningkatan dari hal yang biasa menjadi luar biasa, atupun sebaliknya.
 
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Proses komunikasi adalah bagaimana sang komunikator menyampaikan pesan kepada komunikannya, sehingga dapat dapat menciptakan suatu  persamaan makna antara komunikan dengan komunikatornya. Proses Komunikasi ini bertujuan untuk menciptakan komunikasi yag efektif (sesuai dengan tujuan komunikasi pada umumnya). Intinya dalam proses tersebut dapat terealisasi tujuan dari komunikasi itu sendiri yakni persamaan makna dari komunikator ke komunikan.
 
2.      Komunikasi dilakukan oleh dua orang atau lebih
 
Komunikasi berarti dilakukan oleh minimal dua orang dan memungkinkan juga lebih. Ini berarti komunikasi tidak dapat dilakukan oleh satu orang saja, seperti dalam pengertian yang telah disampaikan di atas. Karena dalam komunikasi harus ada pihak yang menjadi komunikator dan pihak yang menjadi komunikan, sehingga tidak mungkin di sini komunikasi dilakukan oleh seorang diri. Namun, apakah ada kemungkinan komunikasi dilakukan oleh satu orang saja? Ternyata tidak ada komunikasi seperti itu sejauh yang saya tahu. Lalu apakah orang yang berdo’a termasuk komunikasi yang dilakukan oleh satu orang? Jawabannya adalah tidak, karena ketika seseorang berdo’a, berarti orang tersebut tengah berkomunikasi dengan Allah SWT.
 
Juga memungkinkan komunikasi yang dilakukan oleh lebih dari dua orang, salah stu contoh yang saya ambil adalah propaganda, menurut situs Wikipedia Propaganda sebagai komunikasi satu ke banyak orang (one-to-many), propaganda memisahkan komunikator dari komunikannya. Juga masih banyak contoh komunikasi lain yang dilakukan oleh lebih dari dua orang. Intinya komunikasi tidak dapat dilakukan oleh satu orang saja, melainkan harus dilakukan oleh minimal dua orang.
 
3.      Komunikasi adalah pertukaran informasi satu sama lain
 
Dalam komunikasi berarti adanya pertukaran informasi yang terjadi antara komunikator dengan komunikan. Dengan adanya pertukaran informasi ini, berarti dalam komunikasi, orang yang melakukan komunikasi akan mendapat tambahan informasi sehingga memperkaya informasi yang dimilikinya. Berarti juga dalam komunikasi, hal yang disampaikan harus berupa informasi bukan hal yang lainnya yang tidak ada atau yang tidak memiliki nilai informasi. Berarti komunikasi di sini erat kaitannya dengan informasi.
 
4.      Komunikasi berujung pada saling pengertian
 
Inilah salah satu tujuan dari komunikasi, dalam pengertian ini yakni saling pengertian. Saling pengertian antara komunikator dengan komunikan yang berarti pula adanya kesamaan pemahaman antara mereka. Dan jika tidak ada persamaan tersebut berarti komunikasi yang dilakukan tidak berjalan efektif atau mungkin miss communication, dan hal inilah yang seringkali terjadi dalam organisasi atau badan lainnya yang mengakibatkan buruknya kinerja dalam pelaksanaanya.

Demikianlah uraian singkat mengenai pengertian komunikasi menurut Everett M rogers, jadi komunikasi memerlukan perangkat-perangkat yang akan membantu berlangsungnya komunikasi itu sendiri, tanpanya komunikasi takkan berjalan sebagaimana mestinya atau bahkan tidak akan terjadi sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar